Thursday, September 3, 2015
PDI Perjuangan Sumut

Caleg dari PDIP Diwajibkan Jalani Psikotes

PDIP menggelar penjaringan dan penyaringan untuk para calon Legislatif. Dalam proses tersebut, semua caleg diwajibkan menjalani psikotes.

“Seleksi calon anggota legislative PDI Perjuangan diperkirakan sejumlah 26.000 calon dari seluruh tingkatan dilaksanakan dengan sesakma dan melalui tahapan penjaringan dan penyaringan, yang antara lain melalui psikotes,”ujar Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo kepda detikcom, Kamis(19/7).

Tjahjo mengatakan pelaksanakan psikotes dilaksanakan kamis 19 Juli 2012. Psikotes wajib diikuti oleh seluruh bakal calon Legislatif yang mencalonkan/dicalonkan dari PDI Perjuangan.

“Psikotes sebagai langkah awah untuk peningkatan kualitas anggota Legislatif, khususnya dari aspek integritas/kejujuran,kepemimpinan dan didukung oleh kepribadian yang baik, sekaligus untuk standarisasi moralitas dan karakter anggota Legislatif,” ungkap anggota komisi 1 DPR ini.

 

Menurut Tjahjo, psikotes dilakukan sebagai instrument untuk mengetahui kepemimpinan dan kemampunan bakal calon di dalam menyelesaikan persoalan pokok masyarakat.

Psikotes dilaksanakan oleh konsultan psikologi yang kredibel dan dilaksanakan dengan Himpunan Ahli Psikologi Indonesia(HIMPSI).

“Hasil psikotes yang saat ini diikuti  oleh seluruh DPP partai dan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, akan diserahkan secara langsung kepada ibu ketu umum DPP partai,” jelasnya.

Pelaksanaan Psikotes, lanjut Tjahjo, untuk DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota akan dilaksanakan disetiap ibukota Provinsi.

Setelah Psikotes, maka sebagian bagian dari seleksi bakal Calon anggota Legislatif akan mengikuti tes tertulis guna mengetahui pemahaman terhadap Ideologi, sistem Politik,sikap politik partai.

“Dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsi legislasi, fungsi pengawasan Lembaga Legislatif,” tutupnya.

 

 

 

Like this Article? Share it!

About The Author

Leave A Response